Category: Serba-Serbi Kehutanan

DONATE FOR THIS WEBSITE

DONATE FOR THIS WEBSITE

If you like with this material, please consider making a donation To: Bank: MANDIRI BANK (INDONESIA) Account Name: ANTON PRASOJO Account Number: 137-000-6565-713 Swift Code: BEIIIDJA Bank Code: 008 Your donations allow me to...

TNI dan Kemhut Bersinergi dalam Rehabilitasi Hutan Konservasi 0

TNI dan Kemhut Bersinergi dalam Rehabilitasi Hutan Konservasi

Demikian disampaikan Aster Panglima TNI Mayjen TNI A.Y. Nasution usai penandatanganan Kesepakatan Kerjasama antara Aster Panglima TNI dengan Dirjen Bina Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Perhutanan Sosial (BPDASPS) dan Dirjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA) Kementerian Kehutanan (Kemhut), di Gedung Manggala Wana Bhakti, Jakarta Selatan, Selasa (29/3/2011).

Menurut Mayjen TNI Nasution, pemanfatan sumber daya alam yang berlebihan oleh manusia dan perilaku yang tidak bertanggung jawab telah menimbulkan dampak yang lebih luas terhadap kerusakan sumber kehidupan di bumi, sehingga mengakibatkan pemanasan global.

Selain itu, ancaman seperti kebakaran hutan dan lahan baik yang disebabkan oleh faktor alam maupun oleh kegiatan manusia seperti pembukaan lahan perkebunan dan penggundulan hutan telah menimbulkan berbagai bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan pencemaran lingkungan.

“Kondisi tersebut menimbulkan masalah sosial yang serius, dan bila tidak segera diatasi akan mengakibatkan kerugian besar serta berdampak negatif baik terhadap kelestarian hutan maupun pemberdayaan wilayah pertahanan. Karena itu, perlu mendapat perhatian dari semua komponen bangsa,” tambah Aster Panglima TNI.

Senada dengan Aster Panglima TNI, Dirjen BPDASPS Kemhut, DR. Ir. Harry Santoso menilai bahwa program pembangunan sektor kehutanan khususnya di bidang rehabilitasi hutan di kawasan hutan konservasi dan perlindungan hutan yang bersinergi dengan optimalisasi peran TNI, merupakan salah satu bentuk pengabdian TNI dalam mendukung program pemerintah.

Kerja sama antara TNI dan Kementerian Kehutanan ini merupakan upaya strategis dalam memulihkan dan melestarikan sumberdaya hutan, khususnya rehabilitasi pada kawasan konservasi. Kerja sama ini dititikberatkan pada lokasi yang sulit dijangkau (remote area), sulit memperoleh tenaga kerja dan terdapat masalah keamanan/konflik sosial.

Sementara itu, Dirjen PHKA, Ir Darori. MM mengungkapkan, upaya rehabilitasi di kawasan hutan konservasi secara berencana dan berkesinambungan merupakan solusi yang harus dilakukan, mengingat fungsi dan peran penting kawasan hutan konservasi sebagai sistem penyangga kehidupan. Kegiatan rehabilitasi di hutan koservasi diharapkan bisa menjadi solusi alternatif dalam mengatasi hancurnya keanekaragaman hayati di sejumlah kawasan.

Acara penandatangan kesepakatan kerja sama antara Dirjen BPDASPS, Dirjen PHKA Kemhut dengan Aster Panglima TNI tersebut merupakan tindak lanjut dari penandatangan Nota Kesepakatan antara Menteri Kehutanan RI dengan Panglima TNI beberapa waktu yang lalu. Ikut hadir dalam acara tersebut diantaranya Kababinkum TNI Mayjen TNI Supriyatna, S.H, M.H dan para pejabat eselon di lingkungan Kemhut.

Pemerintah Komit Rehabilitasi Hutan dan Lahan 0

Pemerintah Komit Rehabilitasi Hutan dan Lahan

”Lahan kritis di Aceh saat ini seluas satu 1.655.509 hektare dengan katagori agak kritis sampai dengan sangat kritis. Luas lahan kritis tersebut berada dalam kawasan hutan 355.042 hektare dan yang berada di luar kawasan hutan seluas 1.300.467 hektare,” katanya pada acara Sosialisasi Pedoman Penyelenggaraan Rehabilitasi Hutan dan Lahan Tahun 2011, di Banda Aceh, Jumat (6/5).

Dari data tersebut menunjukkan, rehabilitasi hutan dan lahan di Aceh masih perlu perhatian dan keseriusan dalam pelaksanaanya. Selain itu, berbagai upaya yang dilakukan masyarakat untuk menanam di lahan kritis dan lahan tidak produktif di dalam atau di luar kawasan hutan, perlu didukung baik dari sisi teknis maupun anggaran.

“Untuk mencegah rusaknya hutan, pemerintah telah melakukan berbagai upaya termasuk pelaksanaan sosialisasi ini,” imbuhnya.

Menurut Fakhruddin lagi, kegiatan ini merupakan langka awal dari upaya pelaksanaan kegiatan di lapangan yang harus betul-betul dilaksanakan, serta dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk itu melalui sosialisasi ini, ia berharap kepala dinas di kabupaten/kota yang membidangi kehutanan dan perkebunan dapat secepatnya merencanakan dan memprogramkan rehabilitasi lahan-lahan kritis. ( ck 14 )

Rp 7,5 Miliar untuk Rehabilitasi Hutan Merapi 0

Rp 7,5 Miliar untuk Rehabilitasi Hutan Merapi

Semarang, CyberNews. Pemerintah pusat melalui Kementerian Kehutanan menyiapkan anggaran Rp 7,5 miliar untuk merehabilitasi kompleks hutan Merapi yang rusak akibat letusan beberapa waktu lalu. Dengan adanya rehabilitasi, Taman Nasional Gunung Merapi tetap dipertahankan. Bahkan...