About us
RAJA BENIH adalah Perusahaan Penyedia Benih dan Bibit Kehutanan. Kami menyediakan berbagai jenis benih dan bibit sesuai kebutuhan anda. Tidak hanya terbatas pada benih dan bibit kehutanan, kami juga menyediakan berbagai jenis tanaman non Kehutanan. Semuanya disesuaikan dengan Tujuan Penggunaan.
more...

Daftar Istilah Dunia Perbenihan

Areal produksi benih: tegakan benih yang telah ditingkatkan mutunya dengan penjarangan terhadap pohon-pohon yang tidak baik dan yang terserang hama dan penyakit.

Benih: bagian tanaman yang digunakan untuk perbanyakan atau perkembangbiakan, baik berupa biji ataupun bagian tanaman lainnya.


Benih ortodoks: jenis benih yang dapat dikeringkan sampai kadar air rendah dan dapat disimpan lama, biasanya ukurannya kecil dan dibungkus kulit yang keras atau yang sulit ditembus air.

Benih rekalsitrans: jenis benih yang tidak dapat dikeringkan dan tidak dapat disimpan lama, biasanya ukurnanya besar dan berdaging.

Bibit: tumbuhan muda calon pohon yang dihasilkan dari benih.

Biji: hasil pembuahan pada tanaman berbunga.


Domestikasi: secara sederhana diartikan sebagai proses pemanfaatan jenis pohon untuk keperluan manusia, yang dimulai dari pengumpulan benih dari hutan alam sampai pertanaman melalui proses seleksi secara berkelanjutan.

Dormansi: istilah yang digunakan untuk menyatakan keadaan tidak berkecambah meskipun berada dalam kondisi/lingkungan yang baik untuk perkecambahan

Ekstraksi benih: proses pengeluaran benih dari buah

Famili: sekelompok pohon yang mempunyai hubungan kekerabatan lebih dekat dibandingkan dengan pohon-pohon yang lain, misalnya mempunyai salah satu induk yang sama (saudara tiri), kedua induk sama (saudara kandung), berasal dari pohon yang sama yang diperbanyak secara vegetatif (saudara kembar atau klon)

Fenotip: adalah tampilan pohon seperti yang kita lihat dan ditentukan oleh faktor genotip dan lingkungan.

Gen: pembawa sifat menurun pada mahluk hidup.

Genotip: adalah potensi tampilan pohon yang ditentukan oleh susunan gen yang terdapat pada pohon.

Jalur isolasi: jalur pemisah antara sumber benih dengan pohon sejenis disekitarnya sehingga menghindari penyerbukan pohon yang ada di sumber benih dengan serbuk sarai dari pohon sejenis yang ada disekitarnya.

Kebun benih: tegakan yang khusus ditanam untuk produksi benih yang menggunakan famili yang unggul.

Keragaman genetik: istilah yang digunakan untuk menyatakan tingkat keragaman benih berdasarkan jumlah famili sumber benih (satu famili memiliki susunan genetik tertentu).

Klon: beberapa pohon yang berasal dari pohon yang sama yang diperbanyak secara vegetatif.

Menyerbuk luar: proses penyerbukan bunga betina (putik) dengan serbuk sari dari pohon yangberbeda tetapi masih satu jenis.


Menyerbuk sendiri:
penyerbukan bunga betina dengan serbuk sari dari pohon yang sama.

Perbanyakan vegetatif: cara perbanyakan tanaman dengan mengunakan bagian tanaman (daun, batang, akar) sebagai bakal tanaman.


Perlakuan pendahuluan:
perlakuan yang diberikan untuk mematahkan dormansi benih sehingga mempercepat perkecambahan benih.

Pohon benih: pohon yang baik yang benihnya dikumpulkan.

Pohon plus (pohon terpilih): pohon yang berpenampilan baik (fenotip baik)
dibandingkan dengan pohon sejenis disekitarnya yang dipilih untuk produksi benih.

Sortasi buah: proses pemilahan buah berdasarkan kematangan.

Sumber benih: adalah suatu pohon atau hutan, baik yang tumbuh secara alami (hutan alam) ataupun yang ditanam (hutan tanaman), yang dikumpulkan benihnya.

Tegakan benih: sekumpulan pohon yang telah diidentifikasi pada hutan alam atau tanaman karena memiliki fenotip unggul, misalnya pohon lurus, percabangan ringan dan digunakan untuk sumber benih.

Viabilitas: istilah yang digunakan untuk menyatakan daya kecambah benih.

Referensi:
Mulawarman, JM Roshetko, SM Sasongko dan D Irianto. 2002. Pengelolaan Benih Pohon, sumber benih, pengumpulan dan penanganan benih: pedoman lapang untuk petugas lapang dan petani. International Centre for Research in Agroforestry (ICRAF) dan Winrock International. Bogor, Indonesia. 46 p.

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks
If you enjoyed this post, make sure you subscribe to my RSS feed!

Leave a Reply