About us
RAJA BENIH adalah Perusahaan Penyedia Benih dan Bibit Kehutanan. Kami menyediakan berbagai jenis benih dan bibit sesuai kebutuhan anda. Tidak hanya terbatas pada benih dan bibit kehutanan, kami juga menyediakan berbagai jenis tanaman non Kehutanan. Semuanya disesuaikan dengan Tujuan Penggunaan.
more...

Mengapa kegiatan perbenihan tanaman pohon diperlukan? Saat ini kegiatan pertanaman pohon di lahan petani semakin diminati. Namun mutu benih yang digunakan untuk pertanaman pohon masih seadanya. Padahal benih bermutu sangat diperlukan untuk memperbaiki pertanaman pohon yang dilakukan. Benih bermutu saat ini masih sulit diperoleh karena memang ketersediaannya masih sangat kurang. Ada beberapa permasalahan perbenihan tanaman pohon sehingga penyediaan dan perolehan benihnya saat ini masih sulit.

Keperdulian masyarakat untuk menggunakan benih pohon yang bermutu masih sangat rendah. Petani masih menggunakan benih apa saja yang tersedia tanpa memperhatikan mutu benih.

Sumber benih bermutu untuk memenuhi kebutuhan pertanaman belum tersedia. Tegakan yang digunakan sebagai sumber benih mengalami penurunan mutu genetis akibat penebangan pohon-pohon yang bagus sehingga yang tersisa sebagai sumber benih hanyalah pohon-pohon yang kurang baik.

Kegiatan pemuliaan pohon di Indonesia belum dapat memenuhi sumber benih bermutu. Belum ada keterpaduan dan kerja sama antar pihak baik di tingkat pemerintahan maupun masyarakat dalam upaya peningkatan ketersediaan dan penggunaan benih bermutu.

Mutu sumber daya manusia yang menangani perbenihan tanaman hutan masih sangat terbatas. Benih yang beredar di masyarakat belum berlabel, sehingga masih banyak beredar benih pohon yang tidak diketahui asal-usulnya dan mutunya.Pedagang pengumpul benih yang melaksanakan jual beli benih belum dapat menangani benih dengan baik. Kemampuan tehnis, manajemen dan permodalan yang dimiliki sangat terbatas.

Salah satu upaya yang ditempuh untuk meningkatkan kepedulian masyarakat agar menggunakan benih yang bermutu adalah penyebarluasan informasi yang berguna untuk memperbaiki kegiatan perolehan benih yang dilakukan petani maupun Lembaga Swadaya Masyarakat yang banyak bekerja mendampingi petani.

a. Beberapa pengertian dasar

Ada beberapa istilah penting yang perlu dimengerti dalam perbenihan tanaman pohon. Beberapa istilah tersebut mungkin agak sulit dipahami, tetapi harus dimengeri untuk membantu memahami meteri selanjutnya. Benih adalah bagian tanaman yang digunakan untuk perbanyakan atau perkembangbiakan, baik berupa biji ataupun bagian tanaman lainnya. Biji adalah hasil pembuahan pada tanaman berbunga. Bibit adalah tumbuhan muda calon pohon yang dihasilkan dari benih. Sumber benih adalah suatu pohon atau hutan, baik yang tumbuh secara alami (hutan alam) ataupun yang ditanam (hutan tanaman), yang dikumpulkan benihnya. Genotip adalah potensi tampilan pohon yang ditentukan oleh susunan gen yang terdapat pada pohon. Faktor genotip inilah yang akan diturunkan oleh pohon kepada turunannya. Pohon dengan genotip yang baik akan menghasilkan keturunan yang baik. Fenotip adalah tampilan pohon seperti yang kita lihat. Fenotip ditentukan oleh faktor genotip dan lingkungan. Pohon plus (pohon terpilih) adalah pohon yang berpenampilan baik (fenotip baik) yang dipilih untuk produksi benih.

b. Apa saja kegiatan perbenihan tanaman hutan?

Perbenihan tanaman hutan meliputi berbagai kegiatan antara lain: pemilihan sumber benih, pengumpulan benih, pembersihan benih, pengeringan benih, dan pengujian benih. Secara sederhana beberapa rangkaian kegiatan perbenihan tanaman hutan disajikan pada Gambar 1. Mungkin tidak seluruh kegiatan tersebut akan dilakukan oleh setiap petani, Lembaga Swadaya Masyarakat atau pihak lain yang terlibat dalam pertanaman pohon, tetapi perlu diketahui bahwa seluruhan kegiatan tersebut merupakan suatu rangkaian yang mempengaruhi keberhasilan pertanaman pohon yang dilakukan.

c. Mutu benih

Mutu benih perlu diperhatikan sebab sangat menentukan keberhasilan usaha pertanaman yang dilakukan. Mutu benih menentukan:

  • Jumlah benih yang harus disemaikan untuk memenuhi kebutuhan bibit ketika akan menanam
  • Jumlah bibit yang tumbuh menjadi pohon yang normal setalah ditanam, dan Jumlah pohon yang memiliki sifat yang diinginkan ketika akan dipanen. Sifat yang diinginkan antara lain: batang yang lurus, diameter besar, bebas cabang yang tinggi, percabangan ringan serta bebas dari serangan hama dan penyakit.

Mutu benih tanaman hutan dikelompokan ke dalam 3 golongan yaitu:

  1. Mutu fisik benih: yaitu mutu benih yang berkaitan dengan sifat fisik seperti ukuran, keutuhan, kondisi kulit, dan kerusakan kulit benih akibat serangan hama dan penyakit atau perlakuan mekanis.
  2. Mutu fisiologis benih: yaitu mutu benih yang berkaitan dengan sifat fisiologis, misalnya kemampuan berkecambah.
  3. Mutu genetik benih: yaitu mutu benih yang berkaitan dengan sifat yang diturunkan dari pohon induknya.

d. Bagaimana cara mendapatkan benih bermutu?

Perolehan benih bermutu terutama untuk petani bukanlah pekerjaan yang mudah. Apa yang disajikan pada buku ini diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna untuk petani yang mengumpulkan benih untuk keperluan sendiri maupun untuk diperdagangkan. Buku pedoman ini pada dasarnya menjawab beberapa pertanyan yang berkaitan dengan kegiatan perolehan benih bermutu, yaitu:

  • Dimanakah atau dari manakah sebaiknya benih dikumpulkan? Bagaimanakah cara mengumpulkan benih?
  • Bagaimankah sebaiknya menangani benih yang sudah dikumpulkan? Bagaimanakah sebaiknya menyimpan benih?
  • Kapankah sebaiknya menyalurkan benih?
  • Bagaimanakah caranya mengetahui mutu benih yang dibeli atau diterima?

Referensi:
Mulawarman, JM Roshetko, SM Sasongko dan D Irianto. 2002. Pengelolaan Benih Pohon, sumber benih, pengumpulan dan penanganan benih: pedoman lapang untuk petugas lapang dan petani. International Centre for Research in Agroforestry (ICRAF) dan Winrock International. Bogor, Indonesia. 46 p.

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks
If you enjoyed this post, make sure you subscribe to my RSS feed!

Leave a Reply